Saturday 16 May 2015

Iklan dan Poster

Iklan
Iklan dapat didefinisikan sebagai berikut:
1.      Berita pesanan untuk mendorong atau membujuk khalayak ramai tentang benda dan jasa yang ditawarkan.
2.      Pemberitahuan kepada khalayak ramai mengenai barang atau jasa yang dijual dan dipasang didalam media massa, seperti surat kabar atau majalah.
Berdasarkan sifatnya iklan dapat dikelompokkan menjadi ikaln keluarga, iklan pengumuman, iklan undangan, iklan permintaan, iklan penawaran, ikalan yang memuji barang yang diiklankan, iklan sponsor, iklan artikel dan iklan kecil.
Syarat-syarat penyusunan iklan,;
1.      Isi Iklan
a.       Objektif dan jujur
b.      Singkat dan jelas
c.       Tidak menyinggung produsen lain atau golongan tertentu, dan
d.      Menarik perhatian.
2.      Bahasa Iklan
a.       Menggunakan bahasa yang original
b.      Majas atau ungkapan yang digunakan harus menarik dan sugestif
c.       Kata-kata yang digunakan berkonotasi positif
d.      Teks iklan harus menuju kesasaran
Poster
Poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum yang berupa pengumuman atau iklan. Perbedaan antara iklan dan poster adalah poster lebih mementingkan gambar, sedeangkan iklan lebih mementingkan susunan kata. Isi poster biasanya berupa promosi suatu produk terbaru dari suatu perusahaan. Penyampaian informasi kepada masyarakat, seperti KB, penghijauan, atau tata tertib lalu lintas. Adapun jenis-jenis poster adalah:
1.      Poster Niaga;
2.      Poster Pendidikan;
3.      Poster Penerangan, dan
4.      Poster Kegiatan
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat poster adalah
1.      Gambar dibuat mencolok sesuai dengan ide yang hendak disampaikan;
2.      Kata-kata efektif , sugestif dan mudah diingat;
3.      Tulisan dibuat besar-besar dan mudah dibaca;
4.      Poster dipasang ditempat yang strategis.


Referensi
Buku Paket Ganesha Operation (GO) XII IPA

1 comment: