Monday 15 June 2015

Sudut Pandang dan Latar Karya Sastra




Sudut Pandang
Sudut pandang atau point of view adalah cara pengarang menceritakan atau mengisakan ceritanya. Dalam bercerita boleh jadi terlibat di dalam cerita sebagai pelaku utama atau sampingan atau pengarang tidak terlibat langsung, tetapi berada di luar cerita dan mengendalikan jalannya cerita. Karena itu, sudut pandang terbagi atas sudut pandang orang pertama, orang ketiga dan orang campuran (orang pertama dan orang ketiga).
A.     Sudut Pandang Orang Pertama
Sudut pandang ini terbagi dua yaitu orang pertama sebagai pelaku utama, artinya pemgarang itu sendiri yang diceritakan dan menjadi fokus cerita. Orang pertama sebagai pengamat artinya pengarang sebagai pengamat namun berada dalam cerita. Dalam sudut pandang orang pertama, kata ganti yang digunakan adalah saya atau aku. Disebut juga gaya akuan.
B.     Sudut Pandang Orang Ketiga
Sudut pandang ini pun tebagi menjadi dua:
1.      Orang Ketiga Serbatahu
pengarang memberi tahu atau melaporkan semua sifat, ciri, dan tindak tanduk pelaku.
2.      Orang Ketiga Terarah
Perhatian pengarang terpusat pada satu tokoh.
Dalam sudut pandang ini, kata ganti yang dipakai kata dia, ia, mereka atau nama orang, disebut juga gaya diaan.
Latar
Latar atau setting adalah segala keterangan yang berkaitan tempat, waktu dan suasana terjadinya cerita atau lakuan dalam karya sastra. Satu latar bisa saja digunakan lebih dominan dibandingkan latar yang lain, atau dapat pula digunakan secara bergantian dengan harmonis.

Referensi
Buku Paket Ganesha Operation (GO) XII IPA


No comments:

Post a Comment