Saturday 23 May 2015

Persamaan dan Perbedaan Eksposisi dan Argumentasi


Eksposisi
Eksposisi dalah karangan yang memaparkan suatu keadaan, proses, atau masalah sejelas-jelasnya. Tujuan karangan eksposisi ini adalah untuk memberikan informasi atau penjelasan kepada pembaca dengan cara mengembangkan gagasan.
Argumentasi
Argumentasi adalah karangan yang mengemukakan sesuatu dengan memberikan alasan, contoh, dan bukti yang kuat sehingga pembaca terpengaruh dan membenarkan pendapat, gagasan, dan keyakitan tersebut.
Persamaan Eksposisi dan Argumentasi:
1.      Keduanya menjelaskan pendapat, gagasan, dan keyakinan; keduanya memerlukan fakta yang diperkuat atau diperjelas dengan angka, peta, statistik, grafik, gambar, bagan, dan lain-lain;
2.      Keduanya memerlukan analisis dan sintesis pada saat mengupas sesuatu;
3.      Keduanya menggali sumber ide dari pengalaman, pengamatan, dan penelitian.
Perbedaan Eksposisi dan Argumentasi:
1.      Eksposisi
Bertujuan menjelaskan atau menerangkan sehingga pembaca memperoleh informasi yang jelas; pembuka atau pendahuluan memperkenalkan apa (topik) yang akan dipaparkan; Isi atau tubuh karangan menganalisis agar informasi jelas bagi pembaca; Penutup berisi penegasan.
2.      Argumentasi
Bertujuan mempengaruhi pembaca sehingga menyetujui pendapat atau keyakina hati; pembuka tau pendahuluan  menarik perhatian pembaca pada persoalan yang dihadapi, dapat dikemukakan sistematika yang digunakan untuk mengemukakan masalah; isi atau tubuh karangan membuktikan bahwa pandangan atau ide yang dikemukakan benar; fakta, angka dan contoh diperlukan untuk memperkuat pembuktian; penutup berisikan simpulan dapat berupa ringkasan isi.



Referensi
Buku Paket Ganesha Operation (GO) XII IPA



No comments:

Post a Comment