Monday 1 June 2015

Cerita Pendek dan Novel



Karya sastra yang berbentuk prosa yang banyak kita kenal saat ini ada dua bentuk, yaitu cerita pendek (cerpen) dan novel. Kedua bentuk karya sastra ini sama-sama memiliki nilai kesastraan (indah dan memberikan kenikmatan bagi pembacanya). Cerpen banyak dimuat dalam media massa seperti majalah (lebih-lebih majalah hiburan) serta surat kabar. Kalau pun sudah dalam bentuk buku, cerpen tampil dalam bentuk kumpulan. Sementara novel diterbitkan dalam bentuk buku.
Di luar bentuk pemunculannya tadi, sebetulnya antara kedua bentuk prosa ini memiliki perbedaan yang nyata sebagai cipta sastra. Diantara perbedaan itu adalah tema-tema yang dipilih dan cara mengembangkan tema tersebut. Dalam cerpen tema tidak terlalu luas, cenderung menceritakan masa tertentu dalam kehidupan tokoh, terkadang di satu tempat saja, dengan alur tunggal, cerita langsung ke fokus. Karena menceritakan satu fase kehidupan seorang tokoh, dalam cerpen tidak terlihat adanya perubahan nasib dan keadaan.
Sementara itu, dalam novel pengembangan ide cerita lebih luas, jumlah pelakunya lebih banyak, masa berceritanya panjang, tidak jarang pula terdiri atas beberapa episode, dan dengan alur ganda, serta rumit. Dalam novel terjadi perubahan nasib tokoh H.B. Jassin mengatakan bahwa perbedaan hakiki antara cerpen dan novel adalah adanya peralihan atau perubahan nasib tokoh dalam novel.  Selanjutnya, perhatikan  daftar di bawah ini! Empat perbedaan novel dengan cerpen:
1.      Novel menggunakan alur renggang karena ada degresi, sedangkan cerpen menggunakan  alur rapat karena tidak ada degresi.
2.      Perwatakan dalam novel ditampilkan dengan lengkap, sedangkn perwatakan dalam cerpen ditampilkan secara singkat atau sekilas
3.      Novel mengeksplorasikan seluruh kehidupan manusia, terkadang ada perubahan nasib para pelaku, sedangkan dalam cerpen hanya ditampilkan intisari atau sebagian dari kehidupan manusia.
4.      Novel tidak dapat diselesaikan hanya dalam satu kali memaca, sedangkan cerpen dapat diselesaikan dalam satu kali membaca.

Referensi
Buku Paket Ganesha Operation (GO) XII IPA

No comments:

Post a Comment